Subscribe

RSS Feed (xml)

Powered By

Skin Design:
Free Blogger Template

Powered by Blogger

Music

Sabtu, 13 Desember 2008

Macam-Macam Software


Shareware

Shareware adalah salah satu metode pemasaran perangkat lunak komersial dimana perangkat lunak didistribusikan secara gratis. Kebanyakan perangkat lunak shareware didistribusikan melalui internet dan dapat diunduh secara gratis atau melalui majalah-majalah komputer. Istilah lainnya untuk shareware adalah trialware, demoware yang pada intinya "coba dulu sebelum membeli". Fitur-fitur perangkat lunak shareware belum tentu mencerminkan keseluruhan fitur yang didapat ketika pengguna sudah membeli perangkat lunak tersebut, tetapi beberapa shareware membuka semua fitur tanpa terkecuali.

Freeware

Adalah perangkat lunak komputer berhak cipta yang gratis digunakan tanpa batasan waktu, berbeda dari shareware yang mewajibkan penggunanya membayar (misalnya setelah jangka waktu percobaan tertentu atau untuk memperoleh fungsi tambahan). Para pengembang freeware seringkali membuat freeware “untuk disumbangkan kepada komunitas”, namun juga tetap ingin mempertahankan hak mereka sebagai pengembang dan memiliki kontrol terhadap pengembangan selanjutnya.Freeware berbeda dengan free software, perbedaannya terletak pada bahwa Free ware dapat berupa perangkat lunak bebas atau perangkat lunak tak bebas sedangkan free software disediakan secara gratis dimana setiap orang berhak mengembangkan serta menjualnya kepada umum atau menyediakannya secara gratis.

Contoh freeware yang terdapat saat ini yaitu:

Firefox
Siapa yang tidak kenal dengan Mozilla Firefox? Browser opensource yang mencuri sekitar 20% pangsa browser yang dipakai pengguna internet. Firefox jauh lebih aman dan nyaman. Tab browsing, dukungan yang baik terhadap teknologi web (CSS dan Javascript), Popup blocker, perluasan dengan extension, RSS feed dan sejumlah keunggulan lainnya.

Copernic Desktop Search

Pernahkah anda merasakan betapa susahnya menggunakan fasilitas “Find” dari Windows dan mendapatkan pesan “File not Found” selalu muncul walaupun anda yakin bahwa file tersebut ada? Perkenalkan Copernic Desktop Search! CDS akan mengindex setiap file di komputer anda, baik itu file dokumen, gambar, e-mail, video dan music. Hasil pencariannya juga sangat baik. Dilengkapi dengan kolom preview dan text highlight sehingga anda bisa melihat isi file yang sangat membantu dalam proses pencarian.

Irfanview
Salah satu freeware image viewer yang paling terkenal adalah Irfanview. Irfanview sangat ringan. Hanya ~800KB untuk program dasar dan ~3MB untuk plugins. Tidak hanya bisa melihat gambar dengan berbagai macam format, Irfanview juga bisa melakukan sedikit manipulasi gambar, antara lain resizing, mengatur kontras gambar, konversi file masal (batch conversion), membuat slideshow, mengisi “file info” pada file gambar, membuat katalog gambar untuk presentasi di web dan lain-lain.

Antivir
Freeware Antivirus buatan Jerman dengan logo payung ini bukan hanya terkenal di tanah kelahirannya tapi juga di dunia. Antivir akan menjaga komputer anda dari serangan virus/adware/worm. Rasio deteksinya juga sangat tinggi ditambah dengan konsumsi resource komputer yang relatif kecil. Kelemahannya adalah harus sering online untuk update lisensi pemakaian dan virus definitionnya.

Ccleaner
File-file sampah sering muncul seiring dengan aktifitas kita memakai komputer. Apalagi bila anda sering menginstall hapus software komputer. File-file tak berguna bukan hanya memenuhi media penyimpanan anda tapi juga memperlambat kinerja komputer. Ccleaner akan menghilangkan file-file sampah, file-file yang tidak terpakai dan membersihkan jejak aktifitas anda berkomputer baik di browser dan berbagai aplikasi lainnya. Ccleaner juga bisa menghapus aplikasi yang sulit dihapus melalui “Add/remove programs” di Windows. Cobalah dan rasakan “daya bersih” dari Ccleaner.

OpenOffice
Selengkap Microsoft Office terdiri dari Write (Word), Calc (Excel), Impress (Powerpoint), Base (Access). Menawarkan kompatibilitas penuh terhadap MS Office, Openoffice bisa membuka dan menyimpan ke format MS Office. Pemakaiannya juga tidak jauh berbeda. Keunggulan lain adalah format penyimpanan Open Document yang menggunakan XML kemudian dikompresi dengan ZIP. Hasilnya dokumen OpenOffice jauh lebih kecil daripada MS Office (bandingkan dengan format OLE pada MS Office).

7-zip
Kompressor file format baru ini menawarkan rasio kompresi yang jauh lebih kecil daripada. Aplikasi Opensource ini mendukung hampir semua format arsip antara lain RAR, ACE, ARJ, TGZ, TAR dan lain-lain. Memory yang digunakan untuk dekompresi juga relatif sedikit karena pengguna bisa memilih metode pengarsipan yang tersedia dan “Dictionary Size”.

Essential PIM

Dengan Essential PIM (Personal Information Manager) anda tidak akan lupa apa yang harus dilakukan entah itu jadwal meeting atau bersih-bersih rumah. EPIM akan mengingatkan anda jika anda lupa. Terdapat fasilitas Calendar, Schedule, Notes, To-Do list, Contacts. Fasilitas password juga tersedia untuk menjaga privacy anda.

Oggdropxpd

Format audio OGG Vorbis mampu menghasilkan kualitas suara yang baik pada bitrate rendah (lebih kecil dari 128 kbps). Pada kasus tertentu, OGG bitrate 80 kbps setara dengan MP3 bitrate 128 kbps. Kualitas suara setara asli dengan bitrate rendah sama artinya dengan ukuran file yang lebih kecil. Ogg Vorbis yang Opensource dan bebas paten seringkali digunakan dalam pengembangan video game dan stasiun radio.

VLC
VideoLanClient adalah pemutar hampir semua format audio/video yang ada di planet bumi ini. Cukup satu VLC dan anda tidak akan dipusingkan dengan instalasi aplikasi terpisah atau codec untuk setiap format Video yang ingin ditonton.

diposkan oleh:ari pidia




Tidak ada komentar:

Posting Komentar